Program Studi Magister Keperawatan (PSMK) UNDIP terus berupaya untuk menambah dan meningkatkan kualitas adan kuantitas fasilitas atau sarana dan prasarana kempus untuk kegiatan pembelajaran civitas akademika.

Fasilitas dan sarana prasarana yang ada di kampus PSMK FK UNDIP diantaranya adalah sebagai berikut:

1. GEDUNG KULIAH

Semenjak tanggal 25 Oktober tahun 2010, Jurusan Keperawatan FK UNDIP telah menempati gedung perkuliahan sendiri yang berada di area Gedung Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Pendidikan Nasional Diponegoro. Gedung baru 3 lantai ini diresmikan oleh Rektor Undip Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo, MS.Med, Sp.And. dan Dekan FK Undip dr. Soejoto, Sp.KK (K) pada Jum’at tanggal 22 Oktober 2010. Gedung ini digunakan untuk perkuliahan Program Studi S1 dan S2 Keperawatan.

Selain itu, PSMK juga menempati gedung perkuliahan terpadu di Kampus Zona Pendidikan di Jl. Dr. Soetomo No. 16 Semarang, atau di kawasan RSUP Kariadi.

2. RUANG KELAS

Ruang perkuliahan PSMK FK UNDIP berada di lantai 1 dan 3 kampus Tembalang, dan lantai 2-3 Kampus Dr. Soetomo. Ruang perkuliahan ini tertata dengan baik dan selalu dijaga kebersihannya untuk kenyamanan mahasiswa selama proses perkuliahan. Setiap ruangan dilengkapi dengan fasilitas meja dan kursi dosen, kursi lipat mahasiswa, LCD Projector, Komputer, Air Conditioner, jam dinding, peralatan sound system (wireless dan mic), poster visi dan misi program studi, poster profil mahasiswa Undip, dan lain sebagainya.

3. PERPUSTAKAAN

Perpustakaan berada dilantai 2 gedung Jurusan Keperawatan FK UNDIP. Perpustakaan ini dilengkapi dengan ribuan koleksi buku, jurnal, skripsi, thesis, dan referensi lainnya. Jurnal luar negeri yang dilanggan Undip juga merupakan fasilitas yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa. Selain itu, perpustakaan juga dilengkapi dengan meja baca, loker mahasiswa, catalogue, komputer, online data base, dan sound system.

4. LABORATORIUM

Laboratorium keperawatan berada dilantai 1 gedung Jurusan Keperawatan FK UNDIP. Laboratorium ini dilengkapai dengan berbagai peralatan yang lengkap untuk mendukung kegiatan praktek dan pembelajaran.

Laboratorium ini terbagi atas bagian, yakni:

  1. Laboratorium Keperawatan Maternitas
  2. Laboratorium Keperawatan Anak
  3. Laboratorium Keperawatan Jiwa
  4. Laboratorium Keperawatan Komunitas
  5. Laboratorium Keperawatan Gawat Darurat
  6. Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah

5. MUSHOLLA

Mushola sebagai tempat melakukan ibadah sholat bagi civitas yang bberagama Islam berada dilantai 2 dan 3 gedung Jurusan Keperawatan Undip di Kampus Tembalang, dan di lantai 2 Kampus Dr. Soetomo. Mushola ini dilengkapi dengan tempat wudhu yang memudahkan mahasiswa melakukan ibadah.

6. LABORATORIUM HOLISTIK

Laboratorium holistik berada di lantai 1 gedung. Laboratorium ini menjadi pusat kegiatan holistik para civitas akademika. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti matrass, bed, aroma terapi, TV LCD, Tape, dan lain sebagainya. Sejumlah kegiatan yang dilakukan di laboratorium ini diantaranya adalah yoga, tai-chi, senam aerobik, terapi aroma, diskusi, bekam, dan sebagainya.

7. FREE HOT SPOT AREA

Kampus PSMK, seperti halnya kampus jurusan lain di UNDIP merupakan free hotspot area yang memberikan kemudahan kepada mahasiswa melakukan akses internet untuk berbagai kegiatan khususnya adalah proses pembelajaran. Melalui fasilitas ini, semua mahasiswa dapat melakukan pencarian berbagai informasi secara online tanpa dibebani dengan billing seperti halnya di internet center/warnet.

8. FASILITAS PUBLIK

Fasilitas umum lain yang dapat digunakan oleh para mahasiswa PSMK UNDIP adalah berupa fasilitas yang disediakan universitas untuk para mahasiswa UNDIP, berupa:

  • Poliklinik
  • Lapangan futsal
  • Lapangan parkir
  • Stadion
  • Taman Rumah Kita
  • Lapangan Voli
  • Lapangan Basket
  • Lapangan badminton
  • Rusunawa
  • Masjid

Comments are closed.