Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (PSMK FK UNDIP) diselenggarakan berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional No. 717/E/T/2011 tanggal 19 Mei 2011 tentang Penugasan Penyelenggaraan Program Studi Magister keperawatan (jenjang S2) pada Universitas Diponegoro. Ijin operasional penyelenggaraannya adalah Surat Mendikbud No. 103/E/O/2013 tanggal 12 April 2013 tentang Penyelenggaraan Program Studi Keperawatan Program Magister (S2) pada Universitas Diponegoro di Semarang.

PSMK di UNDIP dibuka seiring tingginya minat masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang keperawatan. Selain itu, masih terbatasnya institusi pendidikan tinggi yang menawarkan program magister keperawatan menjadi tantangan bagi UNDIP untuk segera menjawab kebutuhan masyarakat. Karenanya, Program Studi S1 Keperawatan yang telah berdiri sejak tahun 1999 kemudian berupaya semaksimal mungkin untuk mengawali persiapan pembukaan S2 Keperawatan di Undip. Persiapan dilakukan dengan melakukan komunikasi, pembahasan dan juga workshop mulai tahun 2009. Bak gayung bersambut, pada akhirnya mimpi civitas UNDIP untuk membuka program S2 terealisasi dengan diberikannya mandate oleh Dikti kepada UNDIP untuk membuka program magister.

Penyelenggaraan Program Pendidikan Magister Keperawatan Undip ini secara resmi dimulai pada tahun ajaran 2011/2012. Konsentrasi yang pertama kali dibuka adalah Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan.

Pendidikan magister di UNDIP ini bertujuan untuk menghasilkan ilmuwan, pendidik, pengelola, agen inovasi dan pelobi dibidang keperawatan yang unggul dan aktif dalam kegiatan riset yang dapat menghasilkan inovasi dalam praktek keperawatan, aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat serta aktif dalam memajukan profesi keperawatan ditingkat nasional maupun internasional.

Pada perkembangannya, sampai tahun 2016, PSMK UNDIP menawarkan 3 konsentrasi/peminatan, yakni:

  1. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan
  2. Keperawatan Dewasa
  3. Keperawatan Komunitas

Comments are closed.