10 JanSelamat, Nurse Media Journal of Nursing UNDIP Terakreditasi B

Semarang, mkep.undip.ac.id – Nurse Media Journal of Nursing (NMJN) yang diterbitkan oleh Departemen Keperawatan Fakultas Kedokteran UNDIP berhasil mendapatkan status akreditasi B untuk terbitan berkala ilmiah dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Informasi ini sesuai dengan lampiran Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 60/E/KPT/2016 yang dirilis secara resmi pada 5 Januari 2017 lalu di laman www.simlitabmas.ristekdikti.go.id.

Atas hasil ini, NMJN menjadi jurnal ketiga dalam bidang keperawatan di Indonesia yang mendapatkan status akreditasi B. Dua jurnal lainnya adalah Jurnal Ners dari Universitas Airlangga dan Jurnal Keperawatan Padjajaran dari Unpad. Masing-masing mendapatkan status akreditasi B pada tahun 2013 dan 2015.

Ketua Departemen Kekeperawatan, Dr. Untung Sujianto secara langsung menyampaikan apresiasi kepada tim jurnal yang telah bekerja keras untuk lolos akreditasi pada tahun 2016.

“Saya berharap hasil ini semakin menambah semangat tim jurnal untuk terus mengembangkan diri demi institusi (Undip-red). Hasil ini juga nantinya akan menambah minat para peneliti untuk mempublikasikan hasil risetnya di NMJN,” ungkapnya dihadapan tim jurnal pada Jumat, 6 Januari 2017.

Secara khusus, tim jurnal yang dimotori oleh Suhartini, MNS., Ph.D dan Sri Padma Sari, MNS selaku Editor-in-Chief juga bersyukur atas pencapaian ini. Perjuangan untuk mendapatkan status akreditasi pada akhirnya berhasil pada tahun 2016, setelah sebelumnya dinyatakan belum lolos pada pengajuan akreditasi di tahun 2015 lalu. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada anggota tim NMJN, para pimpinan dan tim jurnal UNDIP atas semua doa, dukungan dan kerjasamanya.

Ditilik dari sejarahnya, NMJN merupakan pengembangan dari Jurnal Keperawatan Media Ners yang pertama kali terbit pada tahun 2007 dengan nomor ISSN: 1907-9842. Dalam pengembangannya, jurnal tersebut berganti nama menjadi Nurse Media Journal of Nursing dengan nomor ISSN: 2087-7811 (versi cetak) dan ISSN: 2406-8799 (versi online). Perubahan tersebut dilakukan salah satunya karena tuntutan jaman dan penyesuaian terhadap penggunaan bahasa dalam jurnal yakni dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. NMJN menjadi media publikasi riset para akademisi maupun praktisi dari berbagai negara seperti Indonesia, Thailand, Spanyol, Filipina, dan sebagainya.

Informasi selengkapnya mengenai NMJN UNDIP dapat diakses disini. [Nur]

Post Tagged with , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *